Skip to main content

MSI B450 A-Pro, Motherboard Murah Tapi Tangguh!

Penampilan Motherboard B450 A-Pro Dengan Sentuhan Warna Coklat Pada Body.


MSI B450 A-Pro Review.

Halo sobat worldtech! kembali lagi disini setelah sekian lama tidak membahas tentang teknologi. Kali ini saya akan me-review tentang MSI B450 A-Pro, produk Pro-Series dari MSI. Yak lebih jelasnya lagi ini adalah motherboard MSI yang dibuat khusus untuk processor dari seri AMD Ryzen.
untuk yang belum tahu memang motherboard jaman sekarang ada yang dibuat untuk procie Intel tetapi ada juga yang dibuat untuk procie AMD. Nah beda nya apa? Beda nya  ada pada socket yang dipakai tentu nya. Processor Intel memiliki pin Processor yang ada pada motherboardnya langsung. Tetapi untuk Processor AMD memiliki pin Processor yang berada pada langsung pada Processornya.


Untuk itu beberapa vendor motherboard memiliki seri yang dibuat khusus untuk processor Intel atau AMD. Mengapa kali ini saya akan membahas motherboard ini? Karena motherboard ini sendiri sangat unik sekali untuk dibahas karena memiliki harga yang murah tetapi spek nya juga sudah mumpuni. 

Apasih spek dan keunggulan yang dimiliki? Yuk kita lihat.

Spesifikasi:

Socket: AM4 (mendukung procie AMD dari Summit Ridge, Raven Ridge, dan Pinnacle Ridge).
Max Support Processor: Ryzen 7.
Chipset: B450 yang tentu sudah mendukung fitur * StoreMI dari AMD.
DDR 4 Memory Support1866/ 2133/ 2400/ 2667 Mhz (by JEDEC),
2667/ 2800/ 2933/ 3000/ 3066/ 3200/ 3466 MHz (by A-XMP OC MODE).
untuk memory jangan kawatir apa bila kamu memasang RAM 2667-3466 MHz tetapi saat dilihat kecepatannya hanya berjalan di default 2400 MHZ, karena disini bukan kesalahan dari motherboard atau RAM nya tetapi itu dikarena motherboard ini memiliki fitur untuk mendukung RAM dengan kecepatan 2667-3446 MHz dengan fitur A-XMP atau merupakan fitur overclock dari untuk menjalankan RAM tersebut sesuai dengan kecepatan aslinya. Cara nya dengan masuk ke BIOS saat booting dan bisa disetting kecepatan nya disana dengan mengganti profile XMP nya menjadi ke profile-2 atau juga bisa dimanual dengan beberapa pilihan kecepatan disana.
Memory Channel : Dual.
Max Memory: 64 gb.
DIMM Slot: 4.
Form Factor: ATX.
PCI-E X16: 2.
PCI-E GEN:  GEN 2, GEN 3.
PCI-E X1: 4.
SATAIII: 6.
M.2 slot1.

OS Support: Windows 10 64 bit, Windows 7 64 bit (Untuk install Windows versi ini kamu harus memiliki processor AMD Pinnacle Ridge atau Summit Ridge).

Untuk spek yang lebih lengkap lagi bisa mengunjungi:

Keunggulan:
Keunggulan selain harga yang bersahabat juga ada keunggulan yang sangat menguntungkan pengguna misalnya,

* StoreMI AMD:
Fitur ini hanya dimiliki oleh motherboard dengan chipet X470 dan B450 saja yang artinya untuk motherboard MSI B450 A-Pro ini sudah mendapatkan fitur ini. Apa kegunaanya? Kegunaanya antara lain adalah dengan mengoptimalkan sistem penyimpanan kamu menjadi seperti SSD. Terbayang bukan jika SSD memiliki kecepetan yang maksimal untuk sistem penyimpanan saat ini. Ya dengan cara membuat SSD virtual pada HDD kamu dan memantau kecepatan secara terus menerus dan juga mengoptimalkan sistem akses data yang juga dapat Read/Write data sama hal nya dengan SSD untuk proses booting dan startup(membuka/menjalankan) aplikasi.

Fitur X-Boost:
Fitur ekslusif pada MSI, yang mirip dengan StoreMI AMD hanya saja X-Boost adalah aplikasi yang fiturnya khusus motherboard MSI yang berguna untuk  meningkatkan kecepatan USB, maupun komputer sampai 30% dari kecepatan normal agar sistem menjadi lebih responsif dan cepat dalam mengunggah data.

Ketahanan Motherboard:
Telah terbukti dengan bodi motherboard yang kuat dan ringan agar dapat bertahan lama dalam kondisi ekstrim dan memberikan performa yang bagus. Ditambah dengan fitur Steel Armor untuk slot PCI-E yang sangat berguna saat pemasangan VGA Card yang membutuhkan slot kuat agar tidak mudah patah dan bengkok dari bentuk VGA Card itu sendiri atau dari slot yang tersedia pada motherboard ini. Apalagi untuk VGA Card jaman sekarang yang bentuknya besar dan berat, fitur ini sangat berguna untuk menjaga VGA tetap aman dan kuat serta melindungi VGA dari sinyal elektromagnetik yang tentunya dapat menggangu performa maupun dapat merusak VGA.

Socket RGB:
Sungguh Takjub bukan main meskipun tidak memiliki fitur RGB tetapi setidaknya MSI masih memberikan socket RGB untuk motherboard ini! Jadi jika ingin menambahkan RGB pada motherboard ini sebagai hiasan atau pencuci mata masih bisa ditambahkan juga lho. Socket nya di pojok kanan atas dekat slot RAM yang bertulisan RGB 1. Sungguh mengagumkan.

EZ Debug Led:
Fitur unggulan juga dari MSI yang memberitahu kamu pada saat ada masalah pada komponen yang ada pada motherboardmu! Misal seperti ada error pada komponen CPU maka led dari cpu akan menyala. Tentu hal ini memudahkan kamu untuk mencari tahu saat ada yang tidak beres pada komputermu.



Harga:
Saya berhasil mendapatkan motherboard ini pada harga Rp.1.540.000, sangat cocok untuk yang ingin Build PC dengan budget minimal tetapi ingin spek yang gahar saya sarankan untuk memilih motherboard ini. Karena apalagi jika ada yang bingung untuk memilih 
ASROCK B450 Pro-4 atau MSI B450 A-Pro karena memang harga keduanya ini sama-sama berada pada kisaran Rp.1.500.000. Saya akan tetap memilih ini karena sudah memang terbukti dari fitur yang ditawarkan lebih bagus, berguna ,dan sudah terpercaya. 

inilah review dari saya sebagai pengguna B450 A-Pro. Jika ada yang ingin bertanya-tanya dan menambahkan bisa ditulis pada kolom komentar, terima kasih! 

Jangan lupa untuk bagikan dan like jika suka artikel ini :)
























Comments

Popular posts from this blog

Best Travelling Apps

  1.  Currency Converter: XE The XE currency app lets you specify a set of currencies you’re working in, and it will convert between all of them and display the results at a glance. It’s no hassle, fast, and works offline. 2. Best Hotel Booking App: Booking.com Booking.com is by far our favourite hotel booking app. It’s fast with an easy to use interface, automatically locates you and searches for hotels nearby, and can display the hotels around you on a map. Hotel info is always clear and detailed – in particular, we like that they always tell you exactly what the WiFi situation in a hotel is. Is it in the room, or just the lobby? Is there an extra cost? It’s always in the hotel description. And we especially like that it always clearly shows the all-included final price you will pay for the room, no more additional taxes and fees. 3. Restaurant/Attraction Reviews: Tripadvisor It’s a quick and easy way to find a good place to eat or something fun to

Barcelona city guide

Halo sobat traveler, kali ini aku akan membahas beberapa tips dan panduan perjalanan ke kota Barcelona, spanyol. Jadi apa saja yang terkenal di barcelona, kuliner yang enak, atau pusat perbelanjaan pasti nya akan aku bahas juga pada artikel kali ini. Barcelona merupakan kota kedua terbesar di spanyol setelah madrid. Disini terkenal sekali dengan arsitektur bangunan di kotanya dari seniman arsitek terkenal jaman dahulu yaitu Antoni Gaudi. Kita mulai dari karya gaudi yang terkenal sekarang di Barcelona adalah: Parc Guell: salah satu taman yang unik di barcelona, dibuat sendiri oleh antoni gaudi. awanya parc guell merupakan proyek perumahan, dengan konsep utama nya adalah alam. tetapi pada 1914 proyek ini gagal dan hanya dibangun dua buah rumah, dan sisanya adalah taman. bangunan yang dibangun disini sangat unik karena gaya arsitektur oleh antoni gaudi sangatlah khas, yaitu dengan menggunakan konsep mozaik-mozaik. selain itu jika dilihat bangunan yang ada di parc guell ini terlih

What to eat in bali, also my mid budget trip tips

seperti yang bisa kita lihat melalui judulnya, kali ini saya akan membagi kan tips perjalanan ke bali dengan modal yang middle up (nggak terlalu murah and nggak terlalu mahal). Pertama tentu kita ingin mencari tiket dan tempat tinggalnya terlebih dahulu. Disini saya dan teman-teman menggunakan travelling apps dari smart phone untuk melihat-lihat harga perjalanan yang akan kita lakukan (tips: atur dan pesan lah tiket dan tempat tinggal dari jauh hari sebelum hari keberangkatan karena semakin mendekati hari-h, harga akan semakin mahal. untuk yang ingin berpergian dengan orang yang jumlahnya banyak, saya lebih memilih untuk menempati vila, karena di vila kita memiliki tempat yang baik untuk menikmati waktu berkumpul bersama, dari pada di hotel yang kita harus pindah kamar untuk bisa berinteraksi bersama. Serta adanya dapur yang membuat kita lebih hemat karena bisa memasak entah itu pada pagi,siang, atau malam. Tinggal beli bahan saja.) Pada saat itu saya dan teman-teman mendapat