Skip to main content

Barcelona city guide

Halo sobat traveler, kali ini aku akan membahas beberapa tips dan panduan perjalanan ke kota Barcelona, spanyol. Jadi apa saja yang terkenal di barcelona, kuliner yang enak, atau pusat perbelanjaan pasti nya akan aku bahas juga pada artikel kali ini.


Barcelona merupakan kota kedua terbesar di spanyol setelah madrid. Disini terkenal sekali dengan arsitektur bangunan di kotanya dari seniman arsitek terkenal jaman dahulu yaitu Antoni Gaudi.

Kita mulai dari karya gaudi yang terkenal sekarang di Barcelona adalah:

Parc Guell:

salah satu taman yang unik di barcelona, dibuat sendiri oleh antoni gaudi. awanya parc guell merupakan proyek perumahan, dengan konsep utama nya adalah alam. tetapi pada 1914 proyek ini gagal dan hanya dibangun dua buah rumah, dan sisanya adalah taman. bangunan yang dibangun disini sangat unik karena gaya arsitektur oleh antoni gaudi sangatlah khas, yaitu dengan menggunakan konsep mozaik-mozaik. selain itu jika dilihat bangunan yang ada di parc guell ini terlihat seperti rumah permen. selain melihat keindahan alam dan bangunan di taman ini, kalian juga bisa melihat keindahan kota barcelona dari sini lho karena sebenarnya parc guell ini dibangun di atas bukit dengan dikelilingi pepohonan. untuk tiket masuk nya gratis, tetapi untuk masuk ke museum gaudi, kalian harus membayar. untuk pergi kesini kalian bisa naik bus 24 & 92, atau juga bisa menaiki barcelona bus turistic dan berhenti di parc guell.

pemandangan kota barcelona di parc guell
sebuah karya antoni gaudi dengan konsep mozaik nya yang khas
La Sagrada Familia:

Mungkin ini adalah sebuah karya seni arsitektur yang proses konstruksi pembuatannya terlama sepanjang sejarah. Sebuah seni tingkat tinggi. Sebuah karya seni seorang arsitek yang membutuhkan sebuah kota sebagai media kanvasnya
Barcelona, sudah lama dikenal telinga orang Indonesia lewat sebuah lagu lama dan pesta olimpiadenya. Sebuah kota tepi pantai yang setiap sudutnya dihiasi dengan karya-karya seni. Dari kebanyakan karya seniman di sana, karya Antoni Gaudi lah yang menjadi ikon dari Kota Barcelona itu sendiri.
Antoni Gaudi (1852 – 1926) adalah seorang arsitek yang namanya mencelat setelah ia memenangkan sebuah lomba desain bangunan di Barcelona. Sejak itu Gaudi tidak pernah berhenti berkarya membuat bangunan-bangunan yang sangat khas di tiap sudut kota. Lewat ciri karya arsiteknya ini lah kelak Barcelona seakan memiliki budaya arsitekturnya tersendiri. Salah satu yang menjadi ikonnya adalah gereja La Sagrada Familia atau jika diterjemahkan menjadi gerejanya holy family. Sebuah gereja yang mulai dikerjakan sejak tahun 1882 dan hingga hari ini masih perlahan-lahan terus dikerjakan konstruksinya.
La sagrada familia yang tak kunjung selesai dibangun
Pembangunan gereja La Sagrada Familia ini nampaknya menjadi sebuah pekerjaan konstruksi bangunan dengan pengerjaan terlama sepanjang sejarah. Hampir 2 abad lamanya hanya untuk membuat sebuah gereja dengan luas wilayah 5 hektar, lebih sempit dari luas wilayah Mesjid Istiqlal. Dengan lamanya proses pengerjaannya ini, maka tidak heran jika bangunan ini melibatkan bukan saja banyak pekerja konstruksi namun juga banyak arsitek yang bekerja saling melanjutkan.
Jika kita berkesempatan berlibur ke Barcelona, mungkin ada baiknya mengunjungi La Sagrada Familia ini lebih awal. Kemudian kita akan kagum dan tersadar ketika mulai mengunjungi tempat lain, betapa desain Gaudi ini sangat mempengaruhi semua elemen estetik Barcelona. Gaya gothic milik Gaudi ini seakan sudah menjadi ikon resmi Kota Barcelona. Bagi warga Barcelona pun gereja buatan Gaudi ini seakan menjadi pengikat hubungan antara warga Catalan dari generasi ke generasi.

Penampakan pintu masuk utama
Pembangunan gereja ini jelas telah melibatkan banyak pekerja dari beberapa generasi. Sepanjang bangunan ini berdiri, kerangka konstruksi dan perancah tetap terpasang, begitu juga tiang crane yang melintang di antara menara-menara gereja. Namun dalam situasi pembangunan ini pun gereja tetap dibuka bagi para pengunjung. Tiket masuk gereja dikumpulkan sebagai bentuk donasi biaya pembangunan.
La sagrada familia dari sebrang taman kota

Keterlambatan pembangunan gereja ini tidak lepas dari mendadaknya sang arsitek Gaudi yang meninggal saat dalam proses pembangunan. Gaudi lebih mirip sebagai seorang seniman yang media karyanya adalah bangunan. Tiap detil desain diolah dengan cermat dan penuh dengan nilai estetika tinggi. Kecermatan Gaudi dalam mendesain tiap detil bangunan ini sangat terlihat dari detil bangunan gereja. Tiap kolom terisi karya patung yang bercerita dengan gaya gothic. Begitupun dengan lekukan-lekukan bangunan ini, nampak sangat terolah sekali. Namun semua mendadak terhenti ketika Gaudi meninggal dunia akibat sebuah kecelakaan dengan trem. Saat itu kondisi konstruksinya baru 20%. Pengerjaan dilanjutkan lewat gambar kerja dan interpretasi arsitektur yang melanjutkannya.
Selain masalah dana, perjalanan panjang pembangunan gereja ini juga menghadapi berbagai krisis. Beberapa kali dihantam kerusuhan, perang dunia, bahkan perang saudara. Bangunan ini jelas telah menjadi saksi sejarah Barcelona.
arsitektur khas di dalam La sagrada familia
 Rencananya, pemerintahan Kota Barcelona akan melanjutkan proyek penyelesaian gereja La Sagrada Familia ini. Pengerjaan mulai dibantu dengan teknologi komputer untuk merekayasa bagian-bagian yang hilang saat terjadi kerusuhan-kerusuhan tadi. Tapi bukan dengan mempercepat pengerjaannya. Gereja ini rencanaya akan diselesaikan tahun 2026. Tepat dua abad memperingati kematian Antoni Gaudi. Terlalu lama? nampaknya tidak juga, karena Gaudi pun mengerjakan gereja ini dengan hati-hati dan perlahan-lahan. Seperti kata Gaudi “my client is not in hurry”.


Passeig de Gracia:

untuk para shopper, tempat ini adalah surga. jalanan di kota barcelona ini di kelilingi oleh pertokoan dari brand kelas dunia. Lv, Kenzo, sampai Gucci pun teresedia. Selain menawarkan kesenangan untuk belanja, disini juga dipenuhi dengan pepohonan yang rindang, sebagai dekorasi kota Barcelona. Disini juga ada Casa Batllo yaitu rumah batllo yang dibangun sendiri oleh arsitek Antoni Gaudi. Sekarang rumah ini menjadi ikon tersendiri juga bagi kota barcelona.
Gambar terkait
casa battlo memiliki arsitektur khas oleh antoni gaudi
source: (google).

Hasil gambar untuk passeig de gracia shopping street'
jalanan Passeig de gracia.
source: (google)





Camp Nou:

merupakan markas dari tim kesebelasan spanyol. yap FC Barcelona adalah tim yang menjadi tuan rumah atas Camp Nou, seperti tour stadium yang sebelumnya aku bahas di madrid ( cek postingan sebelumnya tentang madrid). Di sini masih memiliki konsep yang sama untuk konsep tour stadiumnya. Di dalam masih tetap sama terisi dengan histori dari klub Barcelona ini mulai dari kejuaraan, profil para pemain, trofi, dan masih banyak lagi. Camp Nou sendiri jika dibandingkan dengan stadium rival nya yaitu Bernabeu, masih memiliki tempat yang lebih besar. Untuk menuju kedalam stadium nya saja kita perlu melewati sebuah belalai seperti saat kita akan naik pesawat. Tentu ini merupakan pengalaman baru untuk berada di dalam markas tim nomor satu di Spanyol!
Gambar terkait
menuju kedalam camp nou
source: (google).
Gambar terkait
trofi liga yang pernah dimenangkan oleh FC barcelona
source: (google).

kursi yang dibentuk dengan memberi pesan quotes oleh FC barcelona.







Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Best Travelling Apps

  1.  Currency Converter: XE The XE currency app lets you specify a set of currencies you’re working in, and it will convert between all of them and display the results at a glance. It’s no hassle, fast, and works offline. 2. Best Hotel Booking App: Booking.com Booking.com is by far our favourite hotel booking app. It’s fast with an easy to use interface, automatically locates you and searches for hotels nearby, and can display the hotels around you on a map. Hotel info is always clear and detailed – in particular, we like that they always tell you exactly what the WiFi situation in a hotel is. Is it in the room, or just the lobby? Is there an extra cost? It’s always in the hotel description. And we especially like that it always clearly shows the all-included final price you will pay for the room, no more additional taxes and fees. 3. Restaurant/Attraction Reviews: Tripadvisor It’s a quick and easy way to find a good place to eat or something fun to

What to eat in bali, also my mid budget trip tips

seperti yang bisa kita lihat melalui judulnya, kali ini saya akan membagi kan tips perjalanan ke bali dengan modal yang middle up (nggak terlalu murah and nggak terlalu mahal). Pertama tentu kita ingin mencari tiket dan tempat tinggalnya terlebih dahulu. Disini saya dan teman-teman menggunakan travelling apps dari smart phone untuk melihat-lihat harga perjalanan yang akan kita lakukan (tips: atur dan pesan lah tiket dan tempat tinggal dari jauh hari sebelum hari keberangkatan karena semakin mendekati hari-h, harga akan semakin mahal. untuk yang ingin berpergian dengan orang yang jumlahnya banyak, saya lebih memilih untuk menempati vila, karena di vila kita memiliki tempat yang baik untuk menikmati waktu berkumpul bersama, dari pada di hotel yang kita harus pindah kamar untuk bisa berinteraksi bersama. Serta adanya dapur yang membuat kita lebih hemat karena bisa memasak entah itu pada pagi,siang, atau malam. Tinggal beli bahan saja.) Pada saat itu saya dan teman-teman mendapat