Skip to main content

Mengintip Indahnya Desa Sembalun dari Bukit Pergasingan

Mengintip Indahnya Desa Sembalun dari Bukit Pergasingan

Untuk kalian yang ingin mencoba hiking tapi masih takut-takutan dan yang masih newbie tentunya hehehe , nih saya punya alternatif buat kalian. Bukit Pergasingan. Bukit dengan ketinggian sekitar 1700 mdpl ini terletak di Desa Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Bukit Pergasingan sendiri termasuk dalam wilayah Taman Nasional Gunung Rinjani.

Pertama-tama kita perlu menuju ke Desa Sembalun sebelum memulai pendakian. Untuk mencapai Desa Sembalun diperlukan waktu 2-3 jam dari kota Mataram. Bagi yang membawa kendaraan pribadi dapat diparkirkan di rumah-rumah warga lokal dan membayar parkir kepada tuan rumah. Saya sendiri dan teman-teman saya saat itu menginap di hotel yang kebetulan milik kenalan dari teman saya dan dekat dengan titik awal pendakian.

Jalur awal pendakian
(source https://harryhermanan.blogspot.co.id/2014/09/jalan-jalan-ke-bukit-pergasingan.html)

Untuk masuk ke wilayah Bukit Pergasingan ini cukup membayar tiket masuk seharga 10rb doang. tapi kalo gak ada penjaganya kalian bisa masuk gratis 😝 (jangan dilakuin ya guys). Saya dan teman-teman memulai pendakian pada pukul 5 pagi waktu setempat. Di awal pendakian kita dimudahkan dengan keberadaan ratusan anak tangga beton. Setelah melewati anak tangga ini kita akan memulai pendakian yang sesungguhnya.

Jalanan berbatu dan bergelombang pun menjadi rintangan bagi pendaki. Tetapi tenang, kemiringannya masih cukup mudah dan tidak membuat napas tersenggal-senggal. Setelah beberapa menit berjalan barulah kita menemui tanjakan dengan kemiringan yang cukup terjal.

Pemandangan dari punggung bukit Pergasingan

Sekitar 1 jam pendakian saya sampai di punggung bukit, sepanjang pendakian kita akan disuguhkan oleh pemandangan alam Desa Sembalun yang sangat spektakuler dan amazingggg. Mulai dari hamparan sawah dari desa yang warna warni bak pelangi, deretan pegunungan yang mengitari kita, kabut yang menyelimuti Desa Sembalun, sampai megahnya Gunung Rinjani yang menjulang tinggi di seberang mata. Bayangin deh depan belakang atas bawah kiri kanan semuanya lengkap dengan view yang cakep !  Selain itu kita juga dimanjakan dengan sunrise yang muncul dari balik gunung.

Perlu diperhatikan saat mendaki di sini, kita harus menggunakan alas kaki yang memadai dan cocok untuk mendaki, mengingat medan yang ditempuh cukup berbahaya. Sepanjang perjalanan berbatu dan licin. Kiri dan kanan kita adalah jurang, jadi kalo kita terpeleset ya tahu sendiri kan ya gimana nantinya.  Dan juga banyak "kotoran" hewan ternak di sana. Melanjutkan pendakian lagi, baru sampai di puncak ternyata masih ada puncak lagi di balik bukit itu! (serius sudah capek)
Hamparan sawah dari Desa Sembalun yang sangat indah dengan keanekaragaman warnanya

Sekitar pukul 07.30 WITA akhirnya kamipun sampai di puncak teratas Bukit Pergasingan. Seluruh lelah, penat, stress (dan juga kram😆) hilang melihat begitu takjubnya alam yang ada. Di puncak ada tanah lapang kosong yang dapat digunakan untuk mendirikan tenda, tetapi pada saat itu kami tidak berencana untuk menginap.

Suasana di puncak Bukit Pergasingan - dengan pemandangan gunung Rinjani di seberang

Setelah sampai di puncak, kita dapat bersantai, beristirahat, ngopi dan tentunya berfoto ria untuk kemudian diupload di medsos😁. Mendaki Bukit Pergasingan ini sangat mudah dan hanya memerlukan waktu yang sangat singkat, sehingga sangat cocok untuk pemula.

Pemandangan Desa Sembalun dari puncak Bukit Pergasingan

Nah bagi kalian yang ingin mencoba mendaki Bukit Pergasingan, waktu yang cocok untuk mulai mendaki di sini adalah pagi hari ketika matahari mulai memancarkan sinarnya, sehingga saat tiba di puncak kita dapat menikmati sunrise. Saya ingatkan untuk membawa perbekalan sendiri dan sampahnya dibawa turun lagi ya. Jangan buang sembarangan dan ditinggal di atas! Bagi yang tidak tahan dingin jangan lupa untuk bawa jaket kupluk dan semacamnya, karena suhu pada subuh dan malam hari sangatlah dingin!

So guys, segera rencanakan jadwal kalian kesini!

Writer - Aucky

1. Replies
    1. thanks for visiting our blog, silahkan dicoba ke sana liburan selanjutnya

2. Kapan" aku akan coba bareng teman - temanku
    Thx gan infonya....

3. Replies
    1. thanks for visiting . boleh dicoba liburan ke sana

Popular posts from this blog

Best Travelling Apps

1.  Currency Converter: XE The XE currency app lets you specify a set of currencies you’re working in, and it will convert between all of them and display the results at a glance. It’s no hassle, fast, and works offline. 2. Best Hotel Booking App: Booking.com Booking.com is by far our favourite hotel booking app. It’s fast with an easy to use interface, automatically locates you and searches for hotels nearby, and can display the hotels around you on a map. Hotel info is always clear and detailed – in particular, we like that they always tell you exactly what the WiFi situation in a hotel is. Is it in the room, or just the lobby? Is there an extra cost? It’s always in the hotel description. And we especially like that it always clearly shows the all-included final price you will pay for the room, no more additional taxes and fees. 3. Restaurant/Attraction Reviews: Tripadvisor It’s a quick and easy way to find a good place to eat or something fun to

Barcelona city guide

Halo sobat traveler, kali ini aku akan membahas beberapa tips dan panduan perjalanan ke kota Barcelona, spanyol. Jadi apa saja yang terkenal di barcelona, kuliner yang enak, atau pusat perbelanjaan pasti nya akan aku bahas juga pada artikel kali ini. Barcelona merupakan kota kedua terbesar di spanyol setelah madrid. Disini terkenal sekali dengan arsitektur bangunan di kotanya dari seniman arsitek terkenal jaman dahulu yaitu Antoni Gaudi. Kita mulai dari karya gaudi yang terkenal sekarang di Barcelona adalah: Parc Guell: salah satu taman yang unik di barcelona, dibuat sendiri oleh antoni gaudi. awanya parc guell merupakan proyek perumahan, dengan konsep utama nya adalah alam. tetapi pada 1914 proyek ini gagal dan hanya dibangun dua buah rumah, dan sisanya adalah taman. bangunan yang dibangun disini sangat unik karena gaya arsitektur oleh antoni gaudi sangatlah khas, yaitu dengan menggunakan konsep mozaik-mozaik. selain itu jika dilihat bangunan yang ada di parc guell ini terlih

What to eat in bali, also my mid budget trip tips

seperti yang bisa kita lihat melalui judulnya, kali ini saya akan membagi kan tips perjalanan ke bali dengan modal yang middle up (nggak terlalu murah and nggak terlalu mahal). Pertama tentu kita ingin mencari tiket dan tempat tinggalnya terlebih dahulu. Disini saya dan teman-teman menggunakan travelling apps dari smart phone untuk melihat-lihat harga perjalanan yang akan kita lakukan (tips: atur dan pesan lah tiket dan tempat tinggal dari jauh hari sebelum hari keberangkatan karena semakin mendekati hari-h, harga akan semakin mahal. untuk yang ingin berpergian dengan orang yang jumlahnya banyak, saya lebih memilih untuk menempati vila, karena di vila kita memiliki tempat yang baik untuk menikmati waktu berkumpul bersama, dari pada di hotel yang kita harus pindah kamar untuk bisa berinteraksi bersama. Serta adanya dapur yang membuat kita lebih hemat karena bisa memasak entah itu pada pagi,siang, atau malam. Tinggal beli bahan saja.) Pada saat itu saya dan teman-teman mendapat